Home » » SOSIALISASI "E-LEARNING" UNTUK GURU DAN SISWA

SOSIALISASI "E-LEARNING" UNTUK GURU DAN SISWA

Written By Unknown on Thursday 28 November 2013 | 08:13

Ilustrasi E-Learning
Pendidikan - Pada abad 20 ini teknologi sangatlah pesat dalam perkembangannya. Hampir semua umat manusia berlomba-lomba untuk menciptakan sesuatu yang dapat memberikan kenyamanan hidup umat manusia. Hasil cipta manusia ini yang kemudian diberi nama teknologi, dengan adanya teknologi yang semakin canggih ini tidak menutup kemungkinan akan terciptanya hidup yang begitu nyaman dan mudah. Seperti contoh ketika kita akan mencari kabar dari seseorang, kita tidak perlu pergi jauh-jauh untuk menemui orang itu.
Dengan adanya teknologi anda dapat memanfaatkannya untuk mencari kabar dari seseorang tersebut hanya dengan mengirim pesan teks singkat, atau pun mengirim pesan elektronik. Pengirimannya itupun tidak membutuhkan waktu yang lama, sekali kirim langsung diterima.

Mudah bukan? iya semua kemudahan itu berkat teknologi. Namun didalam perkembangan teknologi yang sangat pesat ini, kita dituntut untuk memanfaatkan teknologi tersebut dengan sebaik-baiknya. Dengan memanfaatkan teknologi dengan baik maka akan timbul suatu kemajuan dari segala aspek baik ekonomi, sosial, maupun politik. Namun sebaliknya, jika kita tidak bisa memanfaatkan teknologi dengan sebaik-baiknya maka secara otomatis kita akan menjadi manusia yang sangat tertinggal.

Diatas merupakan uraian mengenai apa itu teknologi. Uraian diatas merupakan suatu pembuka dari pembahasaan pokok dari tulisan ini yang berjudul SOSIALISASI "E-LEARNING" UNTUK GURU DAN SISWA. Dengan mengetahui apa itu teknologi maka kita akan dengan mudah untuk mengetahui apa itu E-learning. 

E-LEARNING

E-learning merupakan suatu jenis belajar mengajar yang memungkinkan tersampaikannya bahan ajar ke siswa dengan menggunakan media internet, intranet atau media jaringan komputer lain [Hartley, 2001]. Pengertian lain dari e-learning juga disampaikan oleh Jaya Kusuma C. Koran [2000] yang mendefinisikan e-learning sebagai sembarang Pe-ngajaran dan pembelajaran yang menggunakan rangkaian elektronik (LAN, WAN atau internet) untuk menyampaikan isi pembelajaran, interaksi, atau bimbingan.

Dari kedua definisi diatas dapat diambil kesimpulan bahwa E-learning merupakan suatu kegiatan belajar mengajar yang telah direncanakan oleh guru dengan memanfaatkan kemajuan teknologi seperti penggunaan internet, intranet, maupun media jaringan komputer lainnya dalam penyampaian materi kepada siswa.

Pada umumnya e-learning ini dianggap sebagai suatu pembelajaran berbasis web yang dapat diakses dengan menggunakan internet atau sering disebut sistem on-line. Seyogyanya e-learning ini tidak hanya dilakukan dalam sistem on-line namun dapat juga dilakukan dalam sistem off-line seperti penggunaan media CD/CDR, file-file materi yang diberikan langsung oleh guru kepada siswa.

Dari beberapa penjelasan mengenai e-learning diatas dapat kita ambil beberapa keuntungan dari pembalajaran e-learning tersebut seperti; pertama, penggunaan e-learning dapat menghemat waktu proses belajar mengajar; kedua, dapat menekankan siswa untuk mencari sendiri tentang materi yang mereka butuhkan (disini dapat menekankan siswa untuk aktif); ketiga, dapat menghemat biaya pendidikan (infastruktur, perlengkapan, dan buku pegangan).

Memang penggunaan e-learning dapat menghemat biaya pelaksanaan pembelajaran, namun dalam pemasangan e-learning tersebut tidaklah hanya mengeluarkan biaya yang sedikit. Pemasangan e-learning masih menjadi kendala karena hal tersebut membutuhkan biaya yang besar, selain itu masih kurangnya SDM yang ahli dalam bidang netwroking (jaringan). Disinilah peran penting pemerintah dalam pemanfaatan 'e-learning' sebagai salah satu bagian dari pendidikan di Indonesia agar terciptanya suatu pendidikan yang berbasis kepada teknologi.

Selain peran pemerintah, peran masyarakat pun sangatlah penting dalam pelaksanaan e-learning untuk guru dan siswa ini. Peran-peran tersebut dapat dilakukan dengan cara Sosialisasi. Dengan cara sosialisasi dapat memberikan sedikit gambaran kepada guru maupun siswa untuk mengerti tentang apa itu e-learning. Saya pribadi sangatlah setuju dengan pelaksanaan e-learning tersebut, selain dapat mempermudah guru juga dapat pula mempermudah siswa dalam belajarnya. Selain setuju, saya pribadi juga mengajak para guru ataupun para calon guru untuk memanfaatkan berbagai teknologi yang sangat canggih ini dalam pelaksanaan pembelajaran yang di tujukan siswa siswa.

Selain itu, Sosialisasi "E-learning" Untuk Guru dan Siswa ini juga dilakukan oleh salah satu perusahaan operator telekomunikasi seluler terbesar se Asia Pasifik yang berada di Indonesia yaitu PT XL Axita Tbk dalam persembahannya yang diberi nama "INDONESIA BERPRESTASI". Program Indonesia Berprestasi ini merupakan bentuk dari persembahan yang telah disiapkan XL untuk memajukan negeri dalam melangkah maju dan bertransformasi menjadi lebih baik melalui demokratisasi teknologi.
Selain itu program XL Indonesia Berprestasi ini juga menggandeng semua blogger Indonesia untuk ikut serta dalam Lomba Blog Pendidikan yang diselenggaran dalam rangka memperingati hari Guru 25 November 2013 yang bertemakan E-LEARNING UNTUK GURU DAN SISWA.

Diataslah sedikit uraian mengenai SOSIALISASI "E-LEARNING" UNTUK GURU DAN SISWA. Kata penutup dari tulisan ini adalah ajakan kepada semua masyarakat, guru, siswa, bahkan pemerintah untuk ikut serta mensosialisasikan e-learning demi kemajuan pendidikan di Indonesia ini. Tidak lupa mengajak kepada seluruh Blogger Indonesia untuk ikut serta dalam Lomba Blog Pendidikan yang diselenggarakan oleh XL Axita melalui progam "Indonesia Berprestasi".
Sekian dari saya, atas waktu luangnya saya ucapkan Terimakasih.

Indonesia Berprestasi

Sumber referensi :
http://www.indonesiaberprestasi.com/
http://www.m-edukasi.web.id/2012/11/pengertian-e-learning.html
http://www.satudunia.net/content/apa-itu-e-learning

Sumber gambar :
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEh3OHWiCP9PmJZ_vZs00n2d3TXt0Cj5Rybb4b6tA6ASFtYdgGdcs1pD2gTPmpd2MgkWvDEO73j2t56sUdS8u7jc23mz51wpzo8MuCqCBvsgwMZRe7eyEP5ZbadvY7tTG_Di10vUumJZzg-X/s1600/e6.jpg
Share this article :

0 comments:

Post a Comment

Popular Posts

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. download game and software - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger